Menjadi Perempuan

IMG_20161127_151559

Di kantor sepi. Kebetulan juga sedang tidak ada kesibukan. Saya mengisi waktu luang dengan mencoba browsing materi yang saya butuhkan untuk melengkapi tulisan yang sedang saya kerjakan sejak kemarin. Setelah mendapatkan apa yang saya cari, saya lalu men-download sebuah buku (dalam bentuk PDF) karya John Gray, seorang penulis yang juga dikenal sebagai philosopher asal Amerika. Saya juga membuka akun facebook saya. Di beranda, yang pertama kali muncul adalah sebuah status dari seorang teman yang menulis kurang lebih seperti ini “Selamat Hari Perempuan Internasional untuk seluruh perempuan Indonesia …..”. statusnya membuat saya tertarik untuk mencari tahu lebih jauh tentang hari ini. Ternyata memang hari ini adalah peringatan International Women’s Day, Hari Perempuan International. Finally saya sadar bahwa mengingat hari-hari bersejarah adalah hal yang sering saya abaikan. Hehe..

Mampir di pikiran saya untuk menulis sesuatu tentang hari ini meskipun awalnya terasa tidak mudah menemukan ide tentang tema apa yang akan saya angkat dan apa sebenarnya yang ingin saya suarakan melalui peringatan hari perempuan ini. Tapi ya begini lah menulis. Jika kita hanya menunggu ide yang menurut kita brilliant, wah.. bisa jadi menulisnya bulan depan tuh. Bisa tertinggal oleh momen dan saya cukup sering mengalaminya. Haha.. Tapi sekarang saya belajar untuk menulis apa yang ada di pikiran tentang sesuatu, kata penulis senior “biarkan ngalir saja..” Ternyata benar, nanti juga ide akan muncul dengan sendirinya.

1 menit, 2 menit, 3 menit berlalu dengan browsing di internet tentang Perayaan International Women’s Day. Thank You GOD.. akhirnya saya dapat satu specific point. Sebelum terlalu jauh kita memikirkan makna hari perempuan dan apa tujuannya, saya ingin kita mereview lagi sebuah kata “perempuan”. Karena jika ingin membahas makna dan tujuan perayaan hari ini, akan lebih menyita waktu dan tentunya butuh untuk lebih serius, hehe.. lagi pula banyak sekali yang sudah memposting tulisannya tentang hal ini. Tapi jarang kita temukan sebuah tulisan yang mengajak kita untuk melihat kembali apa sebenarnya makna perempuan itu. Baiklah, sebelum kemana-mana, saya ingin tunjukkan sebuah bait lagu yang sejak dulu hingga saat ini masih populer, dibawakan oleh Ebet Kadarusman. Tahu kan lagu Sabda Alam? Berikut liriknya.

“Diciptakan alam pria dan wanita
dua makhluk dalam asuhan dewata
Ditakdirkan bahwa pria berkuasa
adapun wanita lemah lembut manja

Wanita dijajah pria sejak dulu
dijadikan perhiasan sangkar madu
namun ada kala pria tak berdaya
tekuk lutut di sudut kerling wanita”

Seperti karya sastra lainnya, lagu pun memiliki makna yang hanya dipahami completely oleh si penciptanya. Begitu pun lagu Sabda Alam tersebut. Tapi sepaham saya, lagu tersebut ingin menceritakan tentang seorang perempuan yang dalam kodratnya sebagai “pengikut” lelaki. Pengikut dalam arti seorang perempuan yang taat pada lelakinya. Selain itu lagu ini juga berusaha menjelaskan bahwa walaupun seorang perempuan dalam kodratnya sebagai pengikut lelaki, tak selamanya perempuan tunduk pada seorang lelaki dan tak bisa menyuarakan apa yang ada dalam otak dan hatinya. Ada juga kalanya lelaki menjadi manusia yang unpowered tanpa adanya seorang perempuan. Atau, bisa saja perempuan menjelma menjadi seorang ratu yang ketika dia menitahkan sesuatu pada prajuritnya, maka mematuhinya adalah hal yang wajib. Seperti itu lah lelaki di beberapa momen tertentu. Ibarat es yang membatu, jika dihadapkan pada hawa yang panas maka perlahan ia mencair. Kira-kira seperti itu jika kita melihat dari sisi hubungan seorang perempuan dengan seorang lelaki.

Akan berbeda jika kita membicarakan tentang perempuan dari sisi agama khususnya Agama Islam. Semua orang muslim tahu bahwa perempuan mendapat tempat yang begitu spesial dalam islam. Ada dua peran yang begitu diagungkan oleh setiap muslimah di dunia ini. Peran menjadi seorang istri dan peran menjadi seorang ibu. Dua peran ini yang memperlihatkan dengan sangat jelas bahwa perempuan dalam islam adalah sosok yang sangat memiliki arti. Semua muslim sadar bahwa kehadiran perempuan selalu bisa menjadi pelengkap, penyempurna. Duh.. akan sangat panjang jika membahas satu per satu jasa seorang perempuan dari segala sisi kehidupan.

Kembali menilik kata ‘perempuan’, saya juga ingin membahasnya etymologically. Setidaknya pasti ada yang berpikir mengapa saya lebih sering –bahkan setiap hari- menggunakan kata perempuan dari pada wanita atau cewek saat berbicara tentang related cases? Iya. Karena saya memang lebih suka menggunakan kata “perempuan” dari pada wanita. Anyway, kata perempuan merupakan Bahasa Sansekerta, berasal dari kata “empu” yang berarti “mulia”. Dari berbagai sumber, sejarah kata “perempuan” lebih mengandung makna positif dibandingkan dengan kata “wanita”. Sosok yang disebut perempuan pada zaman dahulu adalah sosok yang disegani, dihormati, dan dimuliakan. Namun memilih kata perempuan bukan berarti menginginkan diri untuk dimuliakan, tetapi setidaknya dengan panggilan yang baik seseorang menjadi lebih terpacu untuk menjadi benar-benar baik.

Melalui catatan kali ini, saya hanya ingin kita mengingat kembali tentang term of “perempuan”. Untuk pengetahuan yang lebih banyak dan lengkap silakan kalian cari tahu sendiri ya J Tapi yang jelas harapan saya, adanya nilai-nilai positif yang terkandung dalam istilah “perempuan” bisa menjadi alarm buat kita semua. Bagi perempuan sendiri, semoga bisa menjadi pengingat bahwa menjadi perempuan bukanlah hal yang disesalkan. Justru patut disyukuri karena jika dihitung-hitung, banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh perempuan namun tak akan mampu dilakukan oleh laki-laki. Dan bagi laki-laki, catatan ini hanya pembuka (belum ke isi J ) yang semoga cukup menjelaskan kalian bahwa perempuan itu makhluk yang istimewa yang diciptakan Tuhan, jaga dan sayangi ya J

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s